11 Juta Remaja Indonesia Mengalami Gangguan Mental : Kenali Perbedaannya!

Penulis : Athiya Adibatul Wasi

Setahun hidup berdampingan dengan pandemi. Bagaimana perasaan kalian? Merasa bosan, suntuk, tidak produktif tentu saja dialami oleh semua orang selama masa pandemi ini

Lalu bagaimana dengan kondisi kesehatanmu sekarang? Apakah pandemi ini menekan kalian baik fisik maupun mental?

Seringkali overthinking membuat seseorang mengatakan bahwa dirinya sedang mengalami stress bahkan sampai depresi. Apakah benar ya yang kalian rasakan sesuai? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Gangguan kesehatan mental merupakan kondisi dimana seorang individu mengalami kesulitan dalam menyesuaikan dirinya dengan kondisi di sekitarnya. Dengan gejala seperti rasa nyeri, tidak nyaman, tidak tenteram, dan merasa terganggu.

Adapun beberapa gangguan kesehatan mental yang dapat terjadi selama masa pandemi yaitu :

  1. REAKSI STRESS AKUT
    Gangguan ini terjadi akibat stress atau keadaan yang tidak nyaman yang berkelanjutan sehingga menimbulkan masalah dalam fungsi sosialnya.
  2. GANGGUAN ANXIETAS
    Kondisi yang menyebabkan ketakutan yang berlebihan, gangguan fungsi sosial dan perilaku.
  3. DEPRESI
    Gangguan mood yang menyebabkan perasaan sedih berkepanjangan dan kehilangan minat terhadap kegiatan yang biasa kita lakukan.
  4. POST-TRAUMATIC STRESS DISORDER
    Gangguan yang terjadi akibat kejadian mengejutkan, menyeramkan, atau berbahaya yang traumatik.
  5. OBSESSIVE COMPULSIVE DISORDER
    Gangguan pikiran yang berulang, mendesak, atau tidak diinginkan yang menyebabkan perilaku yang berulang-ulang dan dapat membahayakan.

Gangguan mental yang mana pun akan menjadi sangat bahaya ketika dibiarkan begitu saja. Ketika kalian mengalami salah satu gangguan kesehatan mental di atas dan tidak memungkinkan untuk menangani nya sendiri, yang diperlu dilakukan adalah segera konsultasi kepada Dokter ya!

Jika salah satu orang terdekatmu menunjukkan hal seperti penjelasan di atas, jangan jauhi dia, ajaklah untuk berbagi ceritanya denganmu, supaya ia tidak merasa sendiri dan melakukan hal di luar kendali. Karena sharing is caring.

Referensi : Relawan Covid-19 Nasional. 2020. Dampak Covid-19 pada Kesehatan Mental.

Artikel lain

Maba Wajib Tau!Hal Ini Sebabkan Anak Kesmas ‘Serba Bisa’

Maba Wajib Tau!Hal Ini Sebabkan Anak Kesmas ‘Serba Bisa’

Penulis & Editor : Hanifah Sholihah Selamat datang mahasiswa baru di Fakultas Kekurangan Mas-Mas alias Fakultas Kesehatan Masyarakat!  Setelah 3 tahun berjuang di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan ‘bertarung’ dengan jutaan pelajar...

Kemenkes: Waspada Peningkatan Obesitas Di Masa Pandemi COVID-19

Kemenkes: Waspada Peningkatan Obesitas Di Masa Pandemi COVID-19

Penulis : Desi Natalia MarpaungEditor : Hanifah Sholihah Sejak diumumkannya pandemi pada Maret 2020 lalu, pandemi COVID-19 telah tersebar di berbagai belahan dunia. Salah satu upaya sudah dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi masalah ini adalah...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *